Sabtu, 06 Juni 2009

Tau g seh......?????

Ada sebuah artikel di internet dengan judul "Penyakit Baru Pada Manusia 75 Persen Berasal dari Hewan"
wow.... ngeri banget!!!!!
padahal hampir rata-rata masyarakat kita memiliki hewan peliharaan, seperti yang dijelaskan oleh Dr. G.N. Gongal, pakar Kesehatan Masyarakat dan Veteriner Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO), yang mengungkapkan fakta tersebut dalam "WHO Regional Meeting on Zoonotic Diseases" di Jakarta.
Ia menjelaskan penyakit zoonotik seperti rabies, leptospirosis, pes, flu burung dan anthrax tidak hanya mengakibatkan kematian manusia tapi juga berdampak besar terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat.

nah... pada takut kan punya hewan peliharaan???
jangan takut... yang penting kita tau PENCEGAHANnya salah satunya tindakan vaksinasi'

dalam artikel ini Gongal mencontohkan, rabies, yang merupakan penyebab utama kematian akibat zoonosis, menyebabkan 40 ribu hingga 60 ribu kematian di dunia setiap tahun dan 60 persennya berasal dari kawasan Asia Tenggara.

Selain itu, dicontohkan pula bahwa kejadian luar biasa SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome-red) tahun 2003 membuat China dan Kanada harus mengeluarkan dana 50 miliar dolar AS untuk membiayai terapi medis, pengendalian penyakit dan menutupi pengurangan pendapatan akibat penyebaran penyakit tersebut.

Pada tahun yang sama, lebih dari 200 juta unggas juga dimusnahkan untuk mengendalikan penularan virus Avian Influenza (AI) H5N1.

untuk lebih jelasnya klik : http://www.antara.co.id/view/?i=1194331257&c=NAS&s=

1 komentar:

  1. tapi perlu juga diteliti berapa persen kematian pada hewan berasal dari manusia (selain untuk konsumsi). Seperti flu babi, banyak babi yang dibasmi padahal penularannya antar manusia.

    BalasHapus